Jumat, 15 April 2011

10 Tempat Angker Di Jakarta

Selain menjadi salah satu kota 'elite' di Indonesia, Jakarta juga banyak menyimpan kisah misteri yang dapat membuat buluk kuduk kita merinding.

Berikut adalah 10 tempat yang 'diyakini' warga Jakarta sebagai tempat angker :

1. RUMAH PONDOK INDAH ( Pondok Indah - Jakarta Selatan )


 
Masih ingat ramainya pemberitaan pada bulan september 2002 tentang hilangnya tukang nasi goreng di rumah kosong ini ?
Kejadian ini jadi menghebohkan, karena di depan rumah tersebut hanya tertinggal gerobak nasi gorengnya.
Konon katanya malam sebelum hilang, tukang nasi goreng tersebut hendak ingin mengantar nasi goreng yang dipesan oleh seorang perempuan ke dalam rumah.
 Namun ia tak pernah keluar lagi dari rumah tersebut.
Mengenai sejarah rumah itu konon seisi keluarga pemilik rumah ini tewas dalam peristiwa perampokan bermotif persaingan bisnis.Sejak itu, banyak orang yang lewat kerap melihat jelmaan hantu seperti hantu bapak-bapak dan hantu perempuan. Namun, akhir-akhir ini sudah tidak banyak kejadian horor yang dilaporkan terjadi di rumah ini. Bahkan beberapa waktu lalu, rumah ini sempat dijadikan tempat bermalam para tunawisma dan para punkers yang berada di wilayah Jakarta Selatan.









2. RUMAH KENTANG ( Prapanca - Jakarta Selatan )




Konon, di rumah ini ada seorang anak kecil yang terjatuh ke dalam kuali yang sedang digunakan untuk merebus kentang. Apabila Anda sedang ‘mujur’ dan lewat di depan rumahnya, Anda dapat mencium aroma kentang rebus dan mendengar suara anak kecil menangis. 
Agip (24) salah seorang saksi mata yang sudah menjaga kios rokok di depan rumah ini sejak tahun 1997. Agip mengaku sering mencium aroma kentang rebus, terutama menjelang malam, meskipun rumah kosong ini sempat ramai karena disewa oleh ekspatriat.



3. PERTOKOAN DI KAWASAN KLENDER ( Klender - Jakarta Timur )


Saat kerusuhan Mei tahun 1998, ada salah satu pertokoan di daerah Klender yang dijarah dan dibakar massa. Kebakaran ini menyebabkan ratusan korban jiwa, di antaranya pegawai pertokoan, pengunjung, dan para penjarah. Usai kerusuhan tersebut, dilaporkan banyak kejadian aneh, misalnya, segerombolan orang menyetop angkot di depan pertokoan, ketika sudah jalan sekitar 100 meter, semua penumpang angkot tersebut wajahnya berubah menjadi hangus. Semenjak pertokoan ini dibangun dan ramai kembali di tahun
2000, sudah tidak banyak lagi kejadian mistis di sekitarnya. Ini mungkin juga karena warga masih menghormati dan memperingati hari berkabung setiap tanggal 14 Mei. Namun demikian, menurut penuturan warga, jika Anda duduk sendiri di sebelah booth telepon koin di halaman pertokoan pada malam Jumat pukul 1 pagi, Anda akan ditemani oleh sosok lain di dekat Anda. Dahulu, sekitar 15 jenazah korban kerusuhan sempat ditampung sebelum dievakuasi di sekitar telepon umum tersebut.
Kisah ini juga sempat masuk tayangan KISMIS ( kisah-kisah misteri ) yang ditayangkan RCTI pada awal tahun 2000an dan program tayangan tersebut sempat booming.


4. TEROWONGAN CASABLANCA ( Casablanca - Jakarta Selatan )


Dibangun di atas tanah pekuburan, terowongan Casablanca terbilang angker. Menurut beberapa warga Casablanca, ketika pembongkaran kuburan tersebut, bahkan ada 1 jenazah yang masih utuh. Dari terowongan Casablanca sampai kira-kira radius 40 meter sesudahnya, banyak terjadi kecelakaan yang penyebabnya tidak masuk akal. Biasanya karena pengendara motor atau mobil melihat sesosok perempuan tiba-tiba menyeberang di hadapan kendaraannya, sehingga pengemudi kendaraan tiba-tiba banting setir dan menabrak pembatas jalan. Menurut warga, ada baiknya ketika melewati terowongan ini, pengemudi kendaraan membunyikan klakson untuk “menyapa” penghuni terowongan. Akhir tahun 90-an, seorang laki-laki separuh baya ada yang menggantung diri dengan spanduk di sini. Jadilah tempat ini semakin angker.
Konon penghuni tetap di terowongan adalah hantu legendaris 'Kuntilanak Merah'.
5. PINTU PERLINTASAN KERETA API BINTARO ( Bintaro - Jakarta Selatan )


Pada 19 Oktober 1987, terjadi kecelakaan kereta yang menewaskan ratusan orang di dekat Stasiun Sudimara, Bintaro. Di lintasannya sendiri juga sudah berulang kali terjadi kecelakaan yang memakan korban nyawa. Konon, lintasan ini dianggap angker karena sering terdengar suara orang menangis dan menjerit.
Imam (31), salah seorang teknisi rel yang bekerja sejak tahun 1996. Ia pernah melihat makhluk yang wujudnya seperti orang berbalut sarung hitam. Meski kereta sudah bolak-balik lewat melindasnya, makhluk ini tak mau pergi seperti sengaja meledek. Akhirnya di rel tersebut diadakan pemotongan kerbau. Ia juga pernah bertemu makhluk serupa perempuan Belanda di zaman kolonial, dan kuntilanak melintas di rel.


6. JEMBATAN ANCOL ( Ancol - Jakarta Utara )

Ini merupakan kisah legendaris dari seorang wanita misterius yang bernama Siti Ariah atau yang akrab disapa Maryam ( Si Manis Jembatan Ancol ).
Pada 1995, seorang pelukis di Ancol didatangi seorang perempuan yang meminta dilukis. Ketika pelukis baru menggambar setengah bagian tubuhnya, perempuan itu menghilang. Warga percaya bahwa perempuan itu adalah Si Manis Jembatan Ancol. Mitos ini sudah dimulai puluhan tahun sebelumnya. Di tahun 60-an ketika daerah Ancol masih berupa empang-empang, seorang pendayung perahu pernah bertemu dengan Si Manis. Perempuan itu naik perahu malam-malam ddan membayar pendayung tersebut dengan daun. Keterangan ini didapat dari Kostan Simatupang (65), seorang fotografer keliling di Ancol, teman dari pendayung perahu tadi.
Seorang penjual rokok di dekat pintu keluar Ancol, mengaku pernah melihat Siti Ariah dari dekat. Ia membuka pertama kali kios rokoknya di sini pada 1990, tepatnya di samping jembatan goyang. Saat itu malam Jumat, Anshori sedang menunggui kiosnya, agak gerimis. Sekitar pukul 1 pagi, lewat seorang perempuan. Ketika sudah agak jauh, perempuan itu berbalik arah menghampiri kios Anshori sembari tersenyum. Anshori menyapa perempuan yang dikiranya calon pembeli dagangannya itu. Jarak Anshori dengan perempuan itu kira-kira 50 cm. Menurut Anshori, perempuan itu berwajah manis, serta memakai kemeja kuning dan rok abu-abu. Setelah ditanya hendak belanja apa, perempuan itu menghilang. Meski tidak memakai pakaian serba putih, Anshori yakin perempuan itu adalah Si Manis Jembatan Ancol. Semenjak kejadian itu, Anshori merasa dagangannya kian laku dan rejekinya semakin lancar.
Ada kisah lain yang menyebutkan bahwa Maryam Si Manis Jembatan Ancol adalah warga asli dari Tegal Parang  - Jakarta Selatan, yang hendak dinikahkan oleh orang tuanya dengan cara perjodohan ala siti nurbaya, namun Maryam menolak dan ia berkata bahwa "lebih baik menikah dengan jin daripada di jodohkan", Pada saat bersamaan lewat lah sesosok makhluk gaib yang di yakini jin yang berasal dari Ancol dan langsung membawa Siti Ariah alias Maryam ke kawasan tersebut.


7. RUMAH SAKIT SALEMBA ( Salemba - Jakarta Pusat )


Suster ngesot adalah hantu yang konon menghuni RS Salemba di jakarta pusat.Awal mula dari cerita suster ngesot adalah adanya salah seorang suster di rumah sakit tersebut yang diperkosa oleh dokternya kemudian suster tersebut hamil dan si dokter tidak mau bertanggung jawab atas janin yang di kandung suster tersebut.Dan cerita suster ngesot pun dimulai ketika suster tersebut dibunuh dan mayatnya dikuburkan di salah satu ruangan yang ada di rumah sakit salemba.
Meski begitu,kebenaran akan cerita ini belum bisa dipastikan karena bila memang ada seorang suster yang dibunuh apakah rekan kerja,rumah sakit tempat dia bekerja dan keluarga tidak akan mencarinya serta melaporkannya ke kepolisian?
Namun kebanyakan dari cerita yang beredar,begitulah sejarah suster ngesot.Katanya,bila anda berjumpa dengan suster ngesot maka anda tidak akan bisa berteriak atau lari hingga hantu suster ngesot tersebut lewat.
Tidak ada cara lain selain anda pasrah dan menunggu hantu suster ngesot lewat didepan anda.Dan jika anda mempunyai keberanian maka anda bisa melakukan ekspedisi ke rumah sakit salemba dan bila beruntung maka mungkin anda bisa mendapatkan gambar suster ngesot.
Menurut cerita yang pernah dialami oleh para petugas secure parking di rumah sakit salemba,pada malam hari seringkali ada yang mengetuk pintu pos tempat mereka berjaga dan bila dibuka ternyata tidak ada apa-apa.Dan juga kadang pada malam hari suka ada bunyi orang yang main air padahal tidak ada siap-siapa.
Begitulah sekelumit kisah mengenai hantu suster ngesot gentayangan yang sempat booming berkat salah satu rumah produksi yang mengangkat kisah ini ke layar lebar.

8. MUSEUM FATAHILLAH ( Kawasan Kota Tua - Jakarta Utara )

Museum Fatahillah yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Utara dengan luas lebih dari 1.300 meter persegi.
Gedung ini dulu adalah sebuah Balai Kota (bahasa Belanda: Stadhuis) yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn. Bangunan itu menyerupai Istana Dam di Amsterdam, terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara.

Museum ini terkenal angker, karena pada malam hari banyak saksi mata yang mendengar derap sepatu boot para eks tentara belanda yang menghuni tempat tersebut, selain itu sering pula terdengar suara rintihan orang menangis yang dipercaya sebagai korban hukuman yang di eksekusi di sekitar lokasi tersebut.
Namun seiring berjalan nya waktu, tempat ini makin banyak di kunjungi para wisatawan asing maupun lokal dan sekaligus menghilangkan imej 'buruk' yang terdapat pada museum.






9. TPU JERUK PURUT ( Jeruk Purut - Jakarta Selatan )










 






Pada tahun 1986, seorang penjaga makam TPU Jeruk Purut yang sedang jaga malam melihat sesosok pastur tak berkepala melintas di antara makam. Pastur itu menenteng kepalanya sendiri dan di belakangnya, ikut seekor anjing. Konon, pastur ini “salah pulang”. Ia mencari-cari makamnya yang sebenarnya berada di unit Kristen TPU Tanah Kusir, sedangkan di TPU Jeruk Purut hanya ada unit Islam. Sapri Saputra, penjaga makam yang melihat pastur kepala buntung itu, hingga kini masih menjaga makam dan dianggap kuncen atau orang yang dituakan di TPU Jeruk Purut. Kesaksian Bapak Sapri ini kemudian menyebar luas se-Jakarta dan hingga kini “Sang Pastur Kepala Buntung” menjadi legenda horor di Jeruk Purut. Konon, jika Anda ingin menemui pastur legendaris ini, Anda harus datang pada malam Jumat dengan jumlah ganjil (sendiri atau bertiga).


10. KERETA HANTU MANGGARAI ( Manggarai - Jakarta Selatan )


Cerita yang beredar adalah kalo pada pukul 10 malem lewat pada hari yang gw lupa kapan taunya.ada sebuah kereta yang meninggalkan stasiun bogor menuju stasiun manggarai yang tiba pada pukul 11.00. kereta itu dilihat oleh banyak warga yang tinggal di sepanjang jalur kereta tersebut..
Kereta itu di"gosip"kan dikendarai oleh hantu yang tidak jelas sosoknya dan jenis kelaminnya.. sehingga bisa sampai di stasiun manggarai.
Kenyataan yang di dapat atau logisnya adalah (mungkin)
Kereta tersebut tidak dikunci remnya.. sehingga rem angin yang selama beberapa saat menahan kereta itu mulai kehilangan tekanan anginnya dan menyebabkan kereta bergerak.
karena bentuk geografis yang menukik (jakarta lebih rendah dari bogor) walaupun tidak terasa kereta tersebut mulai bergerak menuju jakarta dengan awal yang perlahan2. kemudian kereta semakin cepat karena putaran yang berkelanjutan... hingga akhirnya sampai di manggarai..
Kenapa berhenti di manggarai tidak sampai stasiun kota... hal itu disebabkan oleh rem angin yang sudah terisi kembali akibat perputaran roda disaat perjalanan. dan posisi jakarta yang sudah mulai datar (dimulai dari pasar minggu).
Legenda kereta Jabodetabek yang melintas malam hari dan penuh dengan hantu, kembali diangkat ke layar lebar. Bercerita tentang hantu korban kecelakaan kereta api yang memburu siapa pun yang selamat dari kereta hantu.

Sekian Postingan gw ini .. jujur sewaktu gue nulis postingan ini .. bulu kuduk gw bner-bner mrinding .
semoga tulisan gw ini dapat memberikan wawasan kepada anda tentang dunia ghaib.

Wassalam.
Rangga D. Leetoy




3 komentar: